Kamis, 07 November 2013

BAB I PENDAHULUAN LPPL


BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Praktek Pengalaman Lapangan
Praktek Latihan Pengalaman Lapangan merupakan usaha mempraktekan segala teori yang telah diajarkan dibangku Madrasah Aliyah (MA) Al-Hikmah baik umum maupun agama.
Kegiatan Latihan Praktek Pengalaman Lapangan yang dilaksanakan oleh Madrasah Aliyah (MA) Al-Hikmah merupakan institusi yang diwajibkan bagi peserta didik kelas XII sebagai salah syarat kelulusan dalam Ujian Akhir Madrasah.
Kegiatan Latihan Praktek Pengalaman Lapangan  (LPPL) mempunyai sasaran dan tujuan tersendiri baik bagi madrasah maupun bagi peserta didik itu sendiri. Dengan melalui latihan praktek pengalaman lapangan ini diharapkan bagi peserta didik benar-benar merasakan dan mengalami sendiri tentang apa dan bagaimana sebenarnya fungsi seorang tenaga pengajar (guru) baik di Madrasah maupun di lingkungan masyarakat disamping itu akan mendapat dan menambah pengalaman-pengalaman terutama dibidang pendidikan dan pengajaran.
Peserta didik yang menjadi siswa guru selain utamanya memberikan pendidikan dan pengajaran di sekolah juga dituntut untuk ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang ada disekolah, seperti pramuka, upacara bendera, pengajian, dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya.
1.2.  Prinsip-Prinsip Pengalaman Praktek Pengalaman Lapangan (LPPL)
Adapun prinsip-prinsip atau usaha usaha yang kami lakukan untuk terbentuknya LPPL ini adalah :
1)      LPPL merupakan tempat pengintegrasian seluruh komponen teori dan praktek serta komponen isi metodelogi dalam praktek pengalaman lapangan, peserta didik mendapat kesempatan seluas-luasnya untuk menjelaskan antara praktek dengan teori.
2)      LPPL dimulai dari latihan dan bimbingan penuh oleh pembimbing atau guru pamong sampai kepada latihan mandiri sebagai seorang guru yang bertanggung jawab.
3)      LPPL hendaknya melibatkan secara efektif dan efisien sebagai guru baik pembimbing atau guru pamong maupun kepala madrasah.

1.3.Tujuan Latihan Praktek Pengalaman Lapangan (LPPL)
Dalam penyusunan laporan ini kami mengadakan praktek pengalaman lapangan yang berlokasi di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mathlaul Anwar Tapos 02 dengan tujuan :
1)      Mengamalkan ilmu yang didapat dibangku sekolah
2)      Mempersiapkan peserta didik MA Al-Hikmah sewaktu terjun nanti dimasyarakat.
3)      Dapat mengimbangi pengetahuan, teori dan praktek agar kami tidak hanya mampu berfikir secara teori tetapi sanggup melaksanakan tugas secara praktek yang nyata.
4)      Melatih mental dalam menghadapi murid dan menguasai kelas agar terbiasa apabila dikemudian hari terjun langsung ke lapangan.
5)      Sebagai pengetahuan bagi kami bahwa seorang guru perlu persiapan sebelum mengajar seperti membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), membuat lembar kerja siswa (LKS), dan sebagainya, agar materi yang telah diberikan dapat dipahami dan dimengerti.

1.4.Metode Penelitian
Setiap segala sesuatu tindakan mempunyai tujuan, yaitu ingin mendapatkan hasil yang memuaskan dan lengkap, begitupun kami dalam mencari data yang di inginkan data yang lengkap.
Adapun metode yang kami gunakan dalam mengumpulkan data antara lain  :
1)                  Interview (Wawancara)
Yaitu cara yang ditempuh untuk mengumpulkan data dengan mengadakan atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan secara langsung kepada Kepala Madrasah dan setiap pengajar Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mathlaul Anwar Tapos 02 .
 2)                  Observasi (Pengamatan)
Yaitu metode yang dilakukan dengan cara mengadakan pengamatan secara langsung kelokasi dimana kami mengadakan latihan Praktek Pengalaman Lapangan untuk mengumpulkan data dan keterangan.
1.5.Sistematikan Penulisan Laporan
Dalam penyusunan laporan ini kami menggunakan sistematika penulisan sebagai berikut :
1)      BAB I PENDAHULUAN
Pendahuluan meliputi : Latar belakang LPPL, Prinsip-prinsip LPPL, Tujuan LPPL, Metode Penelitian, dan sistematika penulisan laporan
2)       BAB II PELAKSANAAN OBSERVASI DAN ORIENTASI LPPL
Pelaksanaan Observasi dan Orientasi LPPL meliputi : Tujuan observasi dan orientasi, persiapan observasi dan orientasi, pelaksanaan observasi dan orientasi, hasil observasi dan orientasi yang mencakup sejarah berdirinya Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mathlaul Anwar Tapos 02, keadaan guru dan murid, sarana dan prasarana, administrasi, kurikulum, kepramukaan, kesenian dan olahraga.
3)      BAB III PRAKTEK MENGAJAR
Praktek Mengajar (Keguruan) meliputi : Pelaksanaan praktek mengajar (keguruan), mata-mata pelajaran yang dipraktekan, dan tata tertib mengajar.
4)      BABIV.PENUTUP
Bab Penutup meliputi : kesimpulan dan saran- saran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar