BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Praktek Pengalaman Lapangan
Praktek Latihan Pengalaman Lapangan merupakan
usaha mempraktekan segala teori yang telah diajarkan dibangku Madrasah Aliyah
(MA) Al-Hikmah baik umum maupun agama.
Kegiatan Latihan Praktek Pengalaman Lapangan
yang dilaksanakan oleh Madrasah Aliyah (MA) Al-Hikmah merupakan institusi yang
diwajibkan bagi peserta didik kelas XII sebagai salah syarat kelulusan dalam
Ujian Akhir Madrasah.
Kegiatan Latihan Praktek Pengalaman
Lapangan (LPPL) mempunyai sasaran dan
tujuan tersendiri baik bagi madrasah maupun bagi peserta didik itu sendiri.
Dengan melalui latihan praktek pengalaman lapangan ini diharapkan bagi peserta
didik benar-benar merasakan dan mengalami sendiri tentang apa dan bagaimana
sebenarnya fungsi seorang tenaga pengajar (guru) baik di Madrasah maupun di
lingkungan masyarakat disamping itu akan mendapat dan menambah
pengalaman-pengalaman terutama dibidang pendidikan dan pengajaran.
Peserta didik yang menjadi siswa guru selain
utamanya memberikan pendidikan dan pengajaran di sekolah juga dituntut untuk
ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang ada disekolah, seperti
pramuka, upacara bendera, pengajian, dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya.
1.2. Prinsip-Prinsip Pengalaman Praktek Pengalaman
Lapangan (LPPL)
Adapun prinsip-prinsip atau usaha usaha yang
kami lakukan untuk terbentuknya LPPL ini adalah :
1)
LPPL merupakan tempat
pengintegrasian seluruh komponen teori dan praktek serta komponen isi
metodelogi dalam praktek pengalaman lapangan, peserta didik mendapat kesempatan
seluas-luasnya untuk menjelaskan antara praktek dengan teori.
2) LPPL dimulai dari latihan dan bimbingan penuh oleh
pembimbing atau guru pamong sampai kepada latihan mandiri sebagai seorang guru
yang bertanggung jawab.
3) LPPL hendaknya melibatkan secara efektif dan efisien
sebagai guru baik pembimbing atau guru pamong maupun kepala madrasah.
1.3.Tujuan Latihan
Praktek Pengalaman Lapangan (LPPL)
Dalam penyusunan laporan ini kami mengadakan
praktek pengalaman lapangan yang berlokasi di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mathlaul
Anwar Tapos 02 dengan tujuan :
1)
Mengamalkan ilmu yang
didapat dibangku sekolah
2) Mempersiapkan peserta didik MA Al-Hikmah sewaktu terjun
nanti dimasyarakat.
3) Dapat mengimbangi pengetahuan, teori dan praktek agar kami
tidak hanya mampu berfikir secara teori tetapi sanggup melaksanakan tugas
secara praktek yang nyata.
4) Melatih mental dalam menghadapi murid dan menguasai kelas
agar terbiasa apabila dikemudian hari terjun langsung ke lapangan.
5) Sebagai pengetahuan bagi kami bahwa seorang guru perlu
persiapan sebelum mengajar seperti membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP), membuat lembar kerja siswa (LKS), dan sebagainya, agar materi yang telah
diberikan dapat dipahami dan dimengerti.
1.4.Metode Penelitian
Setiap segala sesuatu tindakan mempunyai
tujuan, yaitu ingin mendapatkan hasil yang memuaskan dan lengkap, begitupun
kami dalam mencari data yang di inginkan data yang lengkap.
Adapun metode yang kami gunakan dalam
mengumpulkan data antara lain :
1)
Interview (Wawancara)
Yaitu cara yang ditempuh untuk mengumpulkan
data dengan mengadakan atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan secara langsung
kepada Kepala Madrasah dan setiap pengajar Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mathlaul
Anwar Tapos 02 .
2)
Observasi (Pengamatan)
Yaitu metode yang dilakukan dengan cara
mengadakan pengamatan secara langsung kelokasi dimana kami mengadakan latihan
Praktek Pengalaman Lapangan untuk mengumpulkan data dan keterangan.
1.5.Sistematikan
Penulisan Laporan
Dalam penyusunan laporan ini kami menggunakan
sistematika penulisan sebagai berikut :
1)
BAB I PENDAHULUAN
Pendahuluan meliputi : Latar belakang LPPL,
Prinsip-prinsip LPPL, Tujuan LPPL, Metode Penelitian, dan sistematika penulisan
laporan
2) BAB II
PELAKSANAAN OBSERVASI DAN ORIENTASI LPPL
Pelaksanaan Observasi dan Orientasi LPPL
meliputi : Tujuan observasi dan orientasi, persiapan observasi dan orientasi,
pelaksanaan observasi dan orientasi, hasil observasi dan orientasi yang
mencakup sejarah berdirinya Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mathlaul Anwar Tapos 02,
keadaan guru dan murid, sarana dan prasarana, administrasi, kurikulum,
kepramukaan, kesenian dan olahraga.
3) BAB III PRAKTEK MENGAJAR
Praktek Mengajar (Keguruan) meliputi :
Pelaksanaan praktek mengajar (keguruan), mata-mata pelajaran yang dipraktekan,
dan tata tertib mengajar.
4) BABIV.PENUTUP
Bab Penutup meliputi : kesimpulan dan saran-
saran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar